Kamis, 20 Agustus 2015

Silabus dan SAP Hadis Tarbawi



SILABI

Mata Kuliah                          : Hadis Pendidikan/Tarbawi
Kode                                       : PAI-23
Jurusan                                  : Tarbiyah
Pragram Studi                       : Pendidikan Agama Islam
Program                                 : S1
Bobot                                      : 2 Sks

I.         Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami hadis tentang kewajiban menuntut ilmu, pendidikan dan pengajaran, dorongan mengajarkan al-quran, kesehatan, amar ma’ruf nahi mungkar, pelestarian lingkungan serta kepedulian sosial.

II.      Indicator Kompetensi
Mahasiswa diharapkan dapat membaca, menerjemahkan, memahami dan menganalisis tentang hadis-hadis berikut ini:
1.      Hadis tentang anjuran menuntut Ilmu
2.      Hadis tentang dorongan mengajarkan al-Qur’an.
3.      Hadis tentang pendidikan dan pengajaran anak
4.      Hadis tentang Kesehatan
5.      Hadis tentang dorongan mencari rizki yang halal.
6.      Hadis tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
7.      Hadis tentang pelestarian lingkungan
8.      Hadis tentang kepedulian sosial.

III.   Topic Inti
1.       Hadis tentang anjuran menuntut Ilmu ( RS.1375, 1378, 1380, 1389)
2.      Hadis tentang dorongan mengajarkan al-Qur’an serta dorongan dan tanggungjawab menuntut pengetahuan
a.       Dua macam hasad yang diperkenankan (AN. 76)
b.      Perbandingan antara yang membaca al-Qur’an dengan yang tidak membacaa al-Qur’an.
c.       Sikap yang baik dan buruk dalam menuntut pengetahuan (LM. 1405)
3.      Hadis tentang pendidikan dan pengajaran anak.
a.       Pengajaran yang menghindakarkan kebosanan (LM.1796)
b.      Cobaan tentang anak (LM. 1688)
c.       Anak lahir atas dasar fitrah (LM.1762)
d.      Hal yang baik dilakukan ketika anak lahir (LM. 1387, 1388)
4.      Hadis tentang Kesehatan.
a.       Mukmin yang kuat lebih baik dari mukmin yang lemah (AN.88)
b.      Lima macam fitrah manusia (LM.145)
c.       Perintah sikat gigi (LM.142)
d.      Tatkala terjadi Wabah (RS. 1789, LM.1433).
5.      Hadis tentang dorongan mencari rizki yang halal.
a.       Orang yang member lebih baik dari meminta-minta (LM. 612,613)
b.      Mencari dan menjual kayu bakar lebih baik dari meminta-minta (LM.618)
c.       Larangan hidup Individualistik (RS.1857).
6.      Hadis tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
a.       Penegak kebenaran selalu muncul (LM.1249)
b.      Perintah mencegah kemungkaran (AN.184)
c.       Siksaan bagi yang tidak mencegahpenganiayaan (RS.197)
d.      Menyuruh orang beramar maruf, tetapi tidak melaksanakan sendiri (LM. 1882, RS. 198)
7.      Hadis tentang pelestarian lingkungan
a.       Larangan menelantarkan lahan ( Lm. 992, 994)
b.      Pohon yang ditanam yang dimakan pihak lain adalah sedekah (LM. 10010)
8.      Hadis tentang kepedulian sosial.
a.       Membuang duri dari jalanan ( LM. 1682 )
b.      Melapangkan orang lain (AN. 23)
c.       Masuk neraka karena menganiaya kucing (LM. 1683)
d.      Memberi minum anjing yang kehausan (LM. 1447, 1488)

IV.   Referensi
1.      Muhammad Fu’ad ‘Abdul Baqi, Al-Lu’Lu’ Wal Marjan
2.      An-Nawawi, Riyadush Shalihin
3.      ‘Abdul ‘Aziz Al-Khull, Al-Adabun Nabawi
4.      Ibnu Hajar al ‘Asqalani, Fathul Bari




Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Tarbiyah
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 2

I.                   Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan hadits tentang kewajiban menuntut ilmu, mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, pengajaran dan pendidikan anak, pentingnya kesehatan, mencari rizqi yang halal, amar ma’ruf nahi mungkar, pelestarian lingkungan dan kepedulian social  dalam kaitannya dengan profesi guru sebagai pendidik.
II.                Kompetensi Dasar :
Mahasiswa membaca, menerjemahkan,  memahami isi hadits tentang anjuran menuntut ilmu
III.             Indikator :  
1.    Mahasiswa mampu menjelaskan hadits tentang anjuran menuntut ilmu
2.    Mahasiswa mampu menjelaskan pesan-pesan dasar hadits yang di bahas
IV.             Materi Ajar :
Hadist anjuran menuntut ilmu  ( RS. 1375, 1378, 1380, 1389 )
V.                Metode / Strategi Pembelajaran :
1.    Pembacaan materi ajar oleh  mahasiswa dibantu dosen.
2.    Ceramah interaktif dan diskusi
VI.             Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a.       Dosen membuka perkuliahan dengan mengajak mahasiswa berdo’a bersama.
b.      Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic bahasan dan komppetensi dasar yang akan dimilikinya setelah proses pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a.       Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca matan hadits dan menterjemahkannya.
b.      Dosen mengulang membaca  matan hadits dan menterjemahkannya.
c.       Dosen dan mahasiswa membahas bersama matan hadits dengan dikaitkan  dengan kehidupan masa sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.      Setelah pembahasan selesai dosen memberikan ulasan terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a.       Dosen memberikan klarifikasi dan mahasiswa menyimpulkannya
b.      Dosen menutup mata kuliah.
VII.          Alat dan Sumber Bahan :
1.                                    Teks Hadits
2.                                    Laptop dan LCD
3.      Kitab Hadits Riyadus Sholihin
4.      Kitab Fathul Barri
VIII.       Penilaian :
1.      Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2.                                    Kriteria Penilaian :
a.       Nilai Formatif       : 70 %
b.      Keaktifan              : 30 %
















Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Tarbiyah
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 3 dan 4


I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan hadits tentang kewajiban menuntut ilmu, mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, pengajaran dan pendidikan anak, pentingnya kesehatan, mencari rizqi yang halal, amar ma’ruf nahi mungkar, pelestarian lingkungan dan kepedulian social  dalam kaitannya dengan profesi guru sebagai pendidik.
II.                                                                            Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Memahami hadits tentang dorongan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an serta tanggungjawab mengembangkan pengetahuan. 
III. Indikator :
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan matan hadits tentang macam-macam hasad yang di perkenankan.
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan  hadits  tentang perbandingan antara orang yang membaca Al-Qur’an dengan yang tidak membaca al-Qur’an
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan sikap yang baik dan yang buruk dalam menuntut ilmu pengetahuan.
IV. Materi Ajar :
1.      Hadist tentang macam-macam hasad yang di perkenankan. (AN.76)
2.      Hadits  tentang perbandingan antara orang yang membaca Al-Qur’an dengan yang tidak membaca al-Qur’an (AN 76)
3.      Hadist   sikap yang baik dan buruk dalam menuntut ilmu pengetahuan
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
a.       Pembacaan teks dan menerjemahkannya.
b.      The power of Two Strategi
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a.       Pembukaan dengan salam oleh dosen.
b.      Penjelasan kompetensi dasar yang akan dimiliki mahasiswa setelah menggikuti pembelajaran oleh dosen.
II. Kegiatan inti
a.       Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca teks hadits dan menterjemahkannya.
b.      Dosen mengulang membaca  teks hadits dan menterjemahkannya.
c.       Dosen memita mahasiswa untuk menerangkan dan mengkaitkan isi matan hadits dengan kejadian yang ada dilingkungan pendidikan secara individu dan diteruskan mendiskusikannya dengan teman disampingnya.
d.      Dosen meminta mahasiswa untuk mengutarakan hasil diskusinya dan dibahas bersama dalam diskusi kelas.
III. Kegiatan Akhir
a.       Dosen memberikan klarifikasi atas hal-hal yang belum dibahas
b.      Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya.
c.       Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1.      Teks matan Hadits
2.       Laptop dan LCD
3.      Hadits An-Nabawiy
4.      Riyadus Shalihin

VIII. Penilaian :
1.      Tehnik penilaian
a. Tes essay
b. c. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
c.       Tes formatif          : 50 %
d.      Tugas                     : 20 %
e.       Keaktifan              : 30 %


Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Agama Islam
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 5 dan 6

I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan dengan Pendidikan dan Pengajaran  dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
III.                                                                         Kompetensi Dasar : tentang pendidikan dan pengajaran anak
III. Indikator :
1. Menjelaskan matan hadits tentang pendidikan dan pengajaran anak
2. Menerapkan isi hadits tentang  pendidikan dan pengajaran anak
    sehari-hari.
IV. Materi Ajar :
a.       Pengajaran yang menghindakarkan kebosanan
b.      Cobaan tentang anak
c.       Anak lahir atas dasar fitrah.
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
·         Group discousion
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a.       Dosen membuka kuliah dengan salam.
b.      Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi dasar yang akan dimilikinya setelah mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a.       Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan teks hadits
b.      Dosen mengulang membaca  teks hadits dan menterjemahkannya.
c.       Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompok untuk mendiskusikan isi matan hadits.
d.      Mahasiswa mempresentasikan  hasil diskusi kelompoknya.
e.       Diskusi kelas dengan difasilitasi dosen.
f.       Dosen memberikan ulasan terhadap bahasan yang belum tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
2. Laptop dan LCD
3.  a. Bulughul Mahrom
b. Al-Luk luk wal marjan 
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian
a. Tes essay
b. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
f.       Tes formatif          : 70 %
g.      Keaktifan              : 30 %















Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Agama Islam
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 7


I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan kesehatan  dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
IV.                                                                         Kompetensi Dasar : Memahami Pentingnya kesehatan
III. Indikator :
1. Menjelaskan matan hadits tentang Kesehatan
2. Menjelaskan matan hadits tentang pentingnya kesehatan.
IV. Materi Ajar :
a.       Mukmin yang kuat lebih baik dari mukmin yang lemah (AN.88)
b.      Lima macam fitrah manusia (LM.145)
c.       Perintah sikat gigi (LM.142)
d.      Tatkala terjadi Wabah (RS. 1789, LM.1433).
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
·         Group discousion
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka kuliah dengan salam.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi dasar
    yang akan dimilikinya setelah mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan teks hadits
b. Dosen mengulang membaca  teks hadits dan menterjemahkannya.
c.       Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompok untuk mendiskusikan isi matan hadits.
d.      Mahasiswa mempresentasikan  hasil diskusi kelompoknya.
e.       Diskusi kelas dengan difasilitasi dosen.
f.       Dosen memberikan ulasan terhadap bahasan yang belum tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
 (AN.88)  (LM.145)  (LM.142)  (RS. 1789, LM.1433).
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian
a. Tes essay
b. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
a. Tes formatif : 70 %
b. Keaktifan                : 30 %

















Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Agama Islam
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 8

I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan dengan tata cara muamalat dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II. Kompetensi Dasar : Mengerti hadits tentang dorongan mencari rizki yang halal.
III. Indikator :
1. Menjelaskan hadits mengenai dorongan dorongan mencari rizki yang halal.
2. Menjelaskan hadits tentang  mencari rizki yang halal.
IV. Materi Ajar :
a.       Orang yang member lebih baik dari meminta-minta (LM. 612,613)
b.      Mencari dan menjual kayu bakar lebih baik dari meminta-minta (LM.618)
c.       Larangan hidup Individualistik (RS.1857).
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
1. Pembacaan materi ajar oleh  mahasiswa dibantu dosen.
2. Ceramah interaktif dan diskusi
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka perkuliahan dengan mengajak mahasiswa
    berdo’a bersama.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic bahasan
    dan komppetensi dasar yang akan dimilikinya setelah proses
    pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca matan
    hadits dan menterjemahkannya.
b. Dosen mengulang membaca  matan hadits dan
    menterjemahkannya.
c.       Dosen dan mahasiswa membahas bersama matas hadits dengan dikaitkan  dengan kehidupan masa sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.      Setelah pembehasan selesai dosen memberikan ulasan terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi dan mahasiswa menyimpulkannya
b. Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks Hadits
2. Laptop dan LCD
3.  a. Al-Luk luk wal marjan 
                        b. Riyadus Shalihin
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria Penilaian :
a. Nilai Formatif       : 70 %
b. Keaktifan : 30 %















Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Agama Islam
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 9 dan 10


I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan  tentang amar ma’ruf nahi mungkar dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II. Kompetensi Dasar : tentang amar ma’ruf nahi mungkar
III. Indikator :
1. Menjelaskan hadits  Penegak kebenaran selalu muncul  
2. Menjelaskan hadits . Perintah mencegah kemungkaran
3. Menjelaskan Siksaan bagi yang tidak mencegahpenganiayaan
4. Menjelaskan Menyuruh orang beramar maruf, tetapi tidak melaksanakan sendiri
IV. Materi Ajar :
a.       Penegak kebenaran selalu muncul (LM.1249)
b.      Perintah mencegah kemungkaran (AN.184)
c.       Siksaan bagi yang tidak mencegahpenganiayaan (RS.197)
d.      Menyuruh orang beramar maruf, tetapi tidak melaksanakan sendiri (LM. 1882, RS. 198)
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
1. Pembacaan materi ajar oleh  mahasiswa dibantu dosen.
2. Ceramah interaktif dan diskusi
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka perkuliahan dengan mengajak mahasiswa
    berdo’a bersama.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic bahasan
    dan komppetensi dasar yang akan dimilikinya setelah proses
    pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca matan
    hadits dan menterjemahkannya.
b. Dosen mengulang membaca  matan hadits dan
    menterjemahkannya.
c.       Dosen dan mahasiswa membahas bersama matas hadits dengan dikaitkan  dengan kehidupan masa sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.      Setelah pembehasan selesai dosen memberikan ulasan terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi dan mahasiswa menyimpulkannya
b. Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks Hadits
2. Laptop dan LCD
3.  Al-Luk luk wal marjan 
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria Penilaian :
a. Nilai Formatif       : 70 %
b. Keaktifan : 30 %











Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Agama Islam
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 11 dan 12

I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan tentang pelestarian lingkungan dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II.                                                                            Kompetensi Dasar :
Memahami hadits perihal tentang pelestarian lingkungan
III. Indikator :
1.  Menjelaskan hadits tentang Larangan menelantarkan lahan
2.      Menjelaskan Pohon yang ditanam yang dimakan pihak lain adalah sedekah
IV. Materi Ajar :
a.       Larangan menelantarkan lahan ( Lm. 992, 994)
b.      Pohon yang ditanam yang dimakan pihak lain adalah sedekah (LM. 1001)

V. Metode / Strategi Pembelajaran :
a. Pembacaan teks dan menerjemahkannya.
b. The power of Two Strategi

VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Pembukaan dengan salam oleh dosen.
b. Penjelasan kompetensi dasar yang akan dimiliki mahasiswa setelah menggikuti pembelajaran oleh dosen.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca teks hadits
    dan menterjemahkannya.
b. Dosen mengulang membaca  teks hadits dan menterjemahkannya.
c. Dosen memita mahasiswa untuk menerangkan dan mengkaitkan
    isi matan hadits dengan kejadian yang ada dilingkungan
    pendidikan secara individu dan diteruskan mendiskusikannya
   dengan teman disampingnya.
d. Dosen meminta mahasiswa untuk mengutarakan hasil diskusinya
   dan dibahas bersama dalam diskusi kelas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi atas hal-hal yang belum dibahas
b. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
    bertanya.
c. Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
2. Laptop dan LCD
3.  a.  Al-Luk luk wal marjan 
b. Riyadus Shalihin      
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria Penilaian :
a. Nilai Formatif       : 70 %
b. Keaktifan    : 30 %












Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
           
            Nama Dosen                           : Sarbini, M.Ag
            Nama Mata Kuliah                  : Hadits Tarbawi
            Bobot SKS                              : 2 SKS
            Jenis Kompetensi                    :
            Jenjang Studi                          : S1
            Semester / Th Akademik         : Ganjil / 2014 – 2015
            Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam
            Fakultas                                   : Agama Islam
            Perguruan Tinggi                     : STAIMUS
            Pertemuan ke                          : 13 dan 4


I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan dengan tata cara muamalat dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II. Kompetensi Dasar : Mengkaji hadits tentang kepedulian social.
III. Indikator :
1. Menjelaskan hal-hal yang termasuk kepedulian social dan balasannya
    dari Allah.
2. Melaksanakan aksi kepedulian social.
IV. Materi Ajar :
·         Hal-hal yang termasuk kepedulian social.
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Group discousion
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka kuliah dengan salam.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi
    dasar yang akan dimilikinya setelah mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan teks hadits
b. Dosen mengulang membaca  teks hadits dan menterjemahkannya.
c. Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompok untuk
    mendiskusikan isi matan hadits.
d. Mahasiswa mempresentasikan  hasil diskusi kelompoknya.
e. Diskusi kelas dengan difasilitasi dosen.
f. Dosen memberikan ulasan terhadap bahasan yang belum tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
2. Laptop dan LCD
3.  a. Al-Luk luk wal marjan  no : 1682, 1683, 1447, 1448
b. Abdul ‘Azis Al-Khulli ( Adabun Nabi no: 123 )
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian
a. Tes essay
b. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
a. Tes formatif : 70 %
b. Keaktifan                : 30 %











Tidak ada komentar: