Jumat, 06 Maret 2015

SILABI TAFSIR TARBAWI



SILABI
TAFSIR TARBAWI
Mata Kuliah                                       : Tafsir Tarbawi
Kode MK                                   :
Komponen                                : MKK
Bobot                                                 : 2 SKS
Untuk Progdi                            : PAI
Pengampu                                 : Sarbini  M.Ag.
I. Tujuan
Agar mahasiswa mampu mendekati dan memahami al-Qur`ân melalui sudut pandang pendidikan (education perspctive), baik secara teoretik maupun praktik, yang berhubungan dengan kependidikan, melalui kajian kritis terhadap tafsir ayat-ayat dengan metodologi dan pendekatan tafsir tarbawi hingga mampu mengambil simpulan serta mengaplikasikannya dalam praktik pendidikan nyata.
II. Tema Inti
A. Pendahuluan
1. al-Qur`ân sebagai Sumber Pendidikan dan Pengajaran
2. Terminologi Tafsir Tarbawi
3. Tafsir Tarbawi: Pendekatan Tematik Tafsir al-Qur`ân
4. Kajian Tafsir Tarbawi: Subyek dan Obyek dalam Pendidikan
B. Terminologi Pendidikan Dalam Al-Qur`Ân
1. Tarbiyah
2. Ta’lim
3. Ta`dib
4. Tazkiyah
C. Urgensi Ilmu Dan Pendidikan
1. Penghargaan al-Qur`ân terhadap ilmu dan orang yang berilmu
a. al-Mujadalah: 11
b. al-Zumar: 22
2. Kebodohan: Kejahatan yang terselubung
Ali ‘Imran: 190-191
D. Tema-Tema Tafsir Tarbawi

N0
Tema
Ayat
Ket.
1
Kewajiban Menuntut Ilmu
a. al-’Alaq: 1-5
b. al-Ghasyiyah: 17-20
c. Ali ’Imran: 190-191
d. al-Tawbah: 122
e. al-‘Ankabut: 19-20
f. Al-Imran 190-191
g. al-Rahman: 33


2
Tujuan Pendidikan
a. Ali ’Imran: 138-139
b. al-Fath: 29
c. al-Hajj: 41
d. al-Dzariyat: 56
e. Hud: 61


3
Ayat Allah sebagai materi Pendidikan
a.    Al-A’raf : 54,204
b.    al-fath : 2
c.    as-Shod :29
d.    al-Baqoroh : 29
e.    al-mulk ; 1-4

4
Subyek Pendidikan
a.    ar-rahman ; 1-4
b.    an-Najm : 5-6
c.    an-Nahl : 43-44
d.    al-Kahfi : 66-80

5
Obyek Pendidikan
a. al-Tawbah: 15
b. al-Tahrim: 6
c. al-Syu’ara`: 214
d. al-Nisa`: 170

6
Lingkungan pendidikan
a.    al-Imran : 110
b.    al-Isra’ : 16-17
c.    Hud : 100-101

7
Metode Pendidikan
a. al-Maidah: 67
b. al-Nahl: 125
c. al-A’raf: 176-177
d. Ibrahim: 24-25


8
Imbalan Mengajar
a.    al-baqoroh : 261-263
b.    al-An’am : 160
c.    an-Nisa’  : 32-33


9

Ujian tengah semester
Soal ujian tengah semeseter

10
Pendidikan dan Perubahan sosial
a.    al-Anfaal : 53
b.    Muhammad : 38

11
Sejarah pendidikan
a.    al-Isra’ : 76-77
b.    fatir : 43
c.    al-Ahzab : 38, 62
d.    al-Maidah : 78, 81

12
Evalusi Pendidikan

a.    An-Nisa’ : 95-96
b.    Al-An’am ;165
c.    An-Naml : 40

13
Motivasi Belajar
a.    Al An’am  : 20, 160
b.    Mujadalah : 11
c.    Al-Isra’ : 39

14
Potensi Belajar
a.    An-Nahl 78
b.    Ar-Rum 30
c.    Ah-Haj 46
d.    Sajadah 7-9

16
Tanggungjawab (Lembaga) Pendidikan: Keluarga, Madrasah, masyarakat
a. al-Baqarah: 30
a. Luqman: 12-14

17
Ujian sementer


















SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Nama Dosen                                      : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah                            : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                             : PAI- 24
Status Mata Kuliah                            : MKK
Jenjang Studi                                      : S1
Semester/Tahun Akademik              : V/2014/2015
Jurusan                                               : PAI
Perguruan Tinggi                               : STAIMUS
Jumlah SKS                                        : 2 SKS

1.      Deskripsi Mata Kuliah

                        Mata kuliah Tafsir Tarbawi diprogramkan untuk para mahasiswa Program Studi dan Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah. Mata kuliah ini  dimaksudkan untuk memberikan keterampilan menafsirkan sekaligus memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang tiga tema sentral pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an yaitu dasar pendidikan Islam, komponen pendidikan Islam, dan pusat pendidikan Islam.
                        Tema dasar pendidikan Islam dibahas dengan topik kewajiban belajar-mengajar; komponen pendidikan Islam menunjuk pada aspek-aspek yang menjadi inti kajian pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an  yang mencakup belajar mengajar, tujuan pendidikan, pendidik/guru (sobyek pendidikan), peserta didik/murid (obyek pendidikan), materi pendidikan, metode pendidikan, lingkungan pendidikan, dan evaluasi pendidikan; dan imbalan mengajar, sejarah pendidikan dan pendidikan dan perubahan social. 
                                    Tema-tema tersebut di atas merupakan aspek-aspek pokok dalam suatu sistem pendidikan. Pandangan Al-Qur’an tentang tema-tema tersebut menjadi acuan yang sangat penting dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan sistem  pendidikan Islam. Oleh sebab itu, sebagai calon pendidik/guru, para mahasiswa Program Studi dan Jurusan Pendidikan Agama Islam   disyaratkan untuk memahami pesan-pesan dan ajaran-ajaran Al-Qur’an dan Hadis mengenai  tema-tema tersebut.
2.      Urgensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa diharapkan (akan):
1.      Mampu menerapkan metodologi penafsiran Alquran dalam memahami ayat-ayat tentang dasar pendidikan Islam, komponen pendidikan Islam, dan sejarah pendidikan Islam.
2.      Mampu menyebutkan ayat-ayat Alquran yang menjadi dasar kewajiban belajar-mengajar, tujuan pendidikan, ayat-ayat Allah sebagai materi pendidikan.
3.      Mampu menjelaskan konsep tujuan pendidikan, pendidik/guru, peserta didik/murid, materi pendidikan, metode pendidikan, Imbalan mengajar, dan evaluasi pendidikan dalam Alquran.
4.      Mampu menjelaskan konsep pusat pendidikan Islam, yang mencakup keluarga, sekolah, masjid atau tempat ibadah, dan masyarakat atau lingkungan sosial, pendidikan dan perubahan sosial dalam perspektif Alquran.
3.      Kompetensi Mata Kuliah
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR KOMPETENSI

1
Memahami ajaran Islam tentang kewajiban belajar-mengajar

1.     Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran  tentang kewajiban belajar-mengajar
2.     Merumuskan karakteristik belajar-mengajar sesuai ayat-ayat Alquran
2
Memahami ajaran Islam tentang Tujuan pendidikan

1.       Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang tujuan pendidikan
2.       Merumuskan karakteristik belajar-mengajar sesuai ayat-ayat Alquran
3
Memahami ajaran Islam tentang ayat Allah sebagai materi pendidikan
1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang materi pendidikan
2.      Merumuskan/mengidentifikasi materi pendidikan sesuai ayat-ayat Alquran
4
Memahami ajaran Islam tentang Subyek Pendidikan: Pendidik/Guru


1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang subyek pendidikan: Pendidik/guru
2.      Merumuskan karakteristik subyek pendidikan: Pendidik/guru sesuai ayat-ayat Alquran
5
Memahami ajaran Islam tentang Obyek Pendidikan: Anak didik/Murid

1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang subyek pendidikan: Anak didik/murid
2.      Merumuskan karakteristik subyek pendidikan: Anak didik/murid sesuai ayat-ayat Alquran
6
Memahami ajaran Islam tentang Lingkungan Pendidikan keluarga

1.    Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang Lingkungan Pendidikan Keluarga
2.      Merumuskan karakteristik lingkungan Pendidikan Keluarga sesuai ayat-ayat Alquran

Memahami ajaran Islam tentang Lingkungan Pendidikan Sekolah

1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang Lingkungan Pendidikan Sekolah
2.      Merumuskan karakteristik lingkungan Pendidikan Sekolah sesuai ayat-ayat Alquran

Memahami ajaran Islam tentang Lingkungan Pendidikan Masyarakat

1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang Lingkungan Pendidikan Masyarakat
2.      Merumuskan karakteristik lingkungan Masyarakat sesuai ayat-ayat Alquran
7
Memahami ajaran Islam tentang metode pendidikan
1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang metode pendidikan
2.      Merumuskan/mengidentifikasi metode pendidikan sesuai ayat-ayat Alquran
8
Memahami ajaran Islam tentang imbalan mengajar
1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang imbalan mengajar
2.      merumuskan dan mengidentifikasikan ayat tentang imbalan mengajar.
9
Memahami ajaran Islam tentang pendidikan dan perubahan sosial
1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran  tentang pendidikan dan perubahan sosial
2.      Merumuskan pendidikan dan perubahan soaial sesuai ayat-ayat Alquran

11
Memahami ajaran Islam tentang Evaluasi pendidikan
1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang evaluasi pendidikan
2.      Merumuskan evaluasi pendidikan sesuai ayat-ayat Alquran
12
Memahami tentang sejarah pendidikan
1.      Menjelaskan dan menganalisis secara kritis ayat-ayat Alquran tentang sejarah pendidikan
2.      Merumuskan sesuai sejarah pendidikan ayat-ayat Alquran




4.      Time line dan Materi perkuliahan. (Selama satu semester)

NO
TATAP MUKA
MATERI PERKULIAHAN
1
I
Kontrak Belajar dan Orientasi Mata Kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi
2
II
Tafsir ayat Alquran tentang kewajiban Belajar-mengajar
3
III
Tafsir ayat Alquran  tentang Tujuan Pendidikan
4
IV
Tafsir ayat Alquran  tentang ayat Allah sebagai materi pendidikan
5
V
Tafsir ayat Alquran  tentang Subyek Pendidikan: Pendidik/Guru
6
VI
Tafsir ayat Alquran tentang Subyek Pendidikan: Anak Didik/Murid
7
VII
UTS
8
VII
Tafsir ayat Alquran  tentang Lingkungan Pendidikan Keluarga, Masyarakat
9
VIII
Tafsir ayat Alquran tentang Lingkungan Pendidikan Sekolah
10
X
Tafsir ayat Alquran tentang Metode Pendidikan
11
XI
Tafsir ayat Alquran tentang imbalan mengajar
12
XII
Tafsir ayat Alquran tentang Pendidikan dan perubahan sosial
13
XIII
Tafsir ayat Alquran  tentang Evaluasi Pendidikan
14
XIV
Tafsir ayat Alquran  tentang sejarah pendidikan
15
XV
Tafsir ayat Alquran  tentang Potensi Pendidikan
16
XVI
Tafsir ayat Alquran  tentang Motivasi Belajar
17
XVII
Tafsir ayat Alquran  tentang Tanggungjawab pendidikan
18
XV
UAS

5.      Strategi Perkuliahan
              Perkuliahan Tafsir pendidikan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan active learning, yang mana semua anggota kelas terlibat aktif dalam proses pembelajaran pada setiap tatap muka perkuliahan. Untuk setiap topik kajian pada semua tatap muka, kecuali tatap muka pertama, ketujuh, dan kelima belas yang masing-masing disediakan untuk kontrak belajar dan pengantar kuliah, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester, digunakan metode pemberian tugas, diskusi, ceramah, dan tanya jawab. Untuk keperluan ini, mahasiswa dikelompokkan ke dalam beberapa small group, sesuai dengan jumlah topik kajian, yang diberi tugas membuat makalah yang merupakan laporan hasil penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan tema yang ditentukan sekaligus mempresentasikannya dalam forum kelas untuk didiskusikan. (Untuk efektivitas diskusi, mahasiswa diwajibkan untuk menyerahkan makalah kelompok kepada dosen dan membagikan photo copy makalah kepada anggota kelas paling lambat sehari sebelum didiskusikan).
                  Setelah diskusi kelas, dosen memberikan komentar/ulasan, tanggapan, dan saran, dengan metode ceramah, terhadap masalah-masalah yang timbul dan berkembang dalam diskusi mahasiswa untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam memahami teori-teori dan konsep-konsep yang berkaitan dengan topik kajian. Seusai dosen memberikan ceramah, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan dosen. Dengan demikian akan terjadi dialektika pemikiran antara dosen dengan mahasiswa dan antara mahasiswa dengan mahasiswa. Alokasi waktu untuk tatap muka pada setiap perkuliahan adalah sebagai berikut: Pembukaan kuliah, meliputi kegiatan presensi dan apersepsi, + 15 menit; presentasi makalah dan diskusi + 60 menit; ceramah dan tanya jawab + 15 menit; dan penutupan kuliah, meliputi kegiatan membuat rangkuman dan ringkasan perkuliahan serta kegiatan evaluasi, + 10 menit.

6.      Evaluasi Perkuliahan

Penilaian hasil belajar mahasiswa untuk mata kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi dihitung berdasarkan akumulasi dari hasil evaluasi aspek-aspek berikut:
1.  Tugas  (40%), mencakup:
a.     Presensi/kehadiran kuliah.
b.     Keaktifan dalam proses pembelajaran, mencakup keaktifan bertanya kepada dosen dan bertanya, memberi tanggapan, kritik, serta saran kepada penyaji makalah.
c.      Laporan hasil penafsiran (tugas individual), meliputi bahasa, metode, materi, sumber, dan analisis.
d.     Tugas resume/resensi buku (book review).
e.      Makalah kelompok, meliputi aspek bahasa, metode, materi, sumber, dan analisis.
f.       Presentasi makalah, meliputi penguasaan materi, keterampilan menjelaskan, dan kemampuan berargumentasi.
3.  Ujian Tengah Semester (20%).
4.  Ujian Akhir Semester (40%).
7.      Instrumen Evaluasi
Penilaian 1
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menyebutkan ayat Alquran tentang kewajiban belajar-mengajar
Tes Tulis
Uraian
Ø  Sebutkan ayat Alquran tentang kewajiban belajar-mengajar?
Ø  Menjelaskan kandungan/pesan ayat Alquran tentang kewajiban belajar-mengajar
Tulis Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan ayat Alquran tentang kewajiban belajar-mengajar?
Ø  Membandingkan penafsiran ayat Alquran dan Hadis Nabi  dari para mufassir tentang kewajiban belajar-mengajar
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Bagaimana perbandingan penafsiran ayat Alquran dari para mufassir tentang kewajiban belajar-mengajar?


Penilaian 2
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
Ø  Ketepatan penyebutan  ayat Alquran tentang kewajiban belajar-mengajar



Ø  Ketepatan peta konsep tentang pemahaman ayat Alquran tentang kewajiban belajar-mengajar



Ø  Ketepatan peta konsep tentang perbandingan penafsiran ayat Alquran  dari para mufassir tentang kewajiban belajar-mengajar







Keterangan :
     1 = skor , Sangat baik
     2 = skor, baik
     3 = skor, cukup

Penilaian 3
Nama Kelompok
Keindahan Peta Konsep
Kelengkapan Peta Konsep
Kerapian Peta Konsep
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3

























RUBRIK PENILAIAN DISKUS
NAMA                :
KELOMPOK      :
             No
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
Total Skor
Nilai

Penalaran
Ø  Komunikasi lesan
1.   Komunikatif
2.  Ketepatan jawaban


1
2


Ø  Komunikasi tulis
1. Mudah dipahami
2. Ketepatan Jawaban
1

2



Keterangan:
Tingkat Pencapaian
Kualifikasi
Deskripsi
90–100
80-89
65-79
55-64
10-54
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Skor terentang antara: 10-100


8.      Buku Rujukan
Buku Wajib
  1. Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
  2. Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
  3. Hamka, Tafsir al-Azhar
  4. Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah
  5. Sayid Qutub, Tafsir Fizilalil qur’an
  6. Zamaksyari, Tafsir al-Kasyaf

Buku refensi
1.      M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (Cet. XI; Bandung: Mizan, 1416 H./1995 M.).
2. M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu`i atas Pelbagai Persoalan Umat (Cet. V; Bandung: Mizan, 1417 H./1997 M.).
3.Fazlur Rahman, Major Themes of the Qur’an, diterjemahkan oleh Anas Mahyuddin dengan judul Tema Pokok Al-Qur’an (Cet. I; Bandung: Pustaka, 1403 H./1983 M.).
4.Aisyah Abdurrahman (Bintusy-Syathi`), Maqâl fiy al-Insân: Dirâsat Qur’âniyyah,  diterjemahkan oleh M. Adib al-Arief dengan judul Manusia: Sensitivitas Hermeneutika Al-Qur’an (Cet. I; Yogyakarta: LKPSM, 1997).
5.Abdurrahman saleh Abdullah, Educational Theory: A Quranic Outlook, diterjemahkan oleh M. Arifin dan Zainuddin dengan judul Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an (Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 1994).
6.Yunahar Ilyas dan  Muhammad Azhar (ed.), Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an (Cet. I; Yogyakarta: LPPI, 1999).














RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN

 (RMP)


Nama Dosen                                     : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah                           : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                            : PAI- 24
Status Mata Kuliah                          : MKK
Jenjang Studi                                     : S1
Semester/Tahun Akademik             : V/2014/2015
Jurusan                                               : PAI
Perguruan Tinggi                              : STAIMUS
Jumlah SKS                                       : 2 SKS
Pertemuan                                         : 1
======================================================================
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar ayat, serta memahami nilai-nilai  ayat-ayat pendidikan sebagai insiprasi pengembangan Profesi Keguruan Agama Islam, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar:
Memahami dan mengerti satuan acara perkuliahan (SAP) dalam satu semester, serta memahami strategi perkulian yang di rencanakan yang meliputi, rencana materi kuliah, rencana mutu perkuliahan, tugas perkuliahan dan evaluasi akhir perkuliahan.
III. Indikator:
  1. Mahasisiwa mampu memhami satuan acara perkuliahan dalam satu semester
  2. Mahasiswa memahami jadwal satuan acara perkuliahan
  3. Mahasiswa memahami strategi perkuliahan yang di gunakan
  4. Mahamsiswa memahami sistem evaluasi perkuliahan yang di gunakan
           

IV. Materi Ajar

1.      Penjelasan satuan acara perkuliah
2.      Setrategi perkuliaan
3.      Materi perkuliahan dalam satu semester
4.      Jadwal perkuliahan
5.      Penjelasan sistem evaluasi
6.      Kontrak belajar

V. Metode/Strategi Pembelajaran

1.      Ceramah
2.      Diskusi/umpan balik

VI. Tahap Pembelajaran

1.  Kegiatan awal:
     Perkenalan
2.  Kegiatan Inti
a. Mendiskusikan dan menyampaiakan SAP dan apa-apa yang harus dikerjakan mahasiswa

b. umpan balik dari SAP, Jadwal, Stratedi, penugasan dan evaluasi

VII. Alat/Sumber Belajar:

White Board.
VIII. Penilaian:









RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN  (RMP)
Nama Dosen                                     : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah                           : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                            : PAI- 24
Status Mata Kuliah                          : MKK
Jenjang Studi                                                 : S1
Semester/Tahun Akademik             : V/2014/2015
Jurusan                                               : PAI
Perguruan Tinggi                              : STAIMUS
Jumlah SKS                                       : 2 SKS
Pertemuan                                         : 2
=======================================================================
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar ayat, serta memahami nilai-nilai  ayat-ayat pendidikan sebagai insiprasi pengembangan Profesi Keguruan Agama Islam, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar, serta  memahami nilai-nilai pendidikan dalam  ayat-ayat tentang kewajiban belajar mengajar dan analisis ayat-ayat tersebut dengan tema-tema kependidikan.
III. Indikator:
1.   Mahasiswa dapat menerjemahkan surat al-Alaq ayat 1-5, surat al-Ghasiyah ayat 17-20, surat Ali Imran ayat 190-191, surat at-Taubah ayat 122, Surat al-ankabut 19-20 .
2.   Mahasiswa dapat menafsirkan surat al-Alaq ayat 1-5, surat al-Ghasiyah ayat 17-20, surat Ali Imran ayat 190-191, surat at-Taubah ayat 122, Surat al-ankabut 19-20.
3.   Mahasiswa dapat menjelaskan surat al-Alaq ayat 1-5, surat al-Ghasiyah ayat 17-20, surat Ali Imran ayat 190-191, surat at-Taubah ayat 122, Surat al-ankabut 19-20.
4.   Mahasiswa dapat menjelaskan  nilai-nilai pendidikan dalam surat al-Alaq ayat 1-5, surat al-Ghasiyah ayat 17-20, surat Ali Imran ayat 190-191, surat at-Taubah ayat 122, Surat al-ankabut 19-20.
5.   Mahasiswa dapat menganalisis  nilai-nilai pendidikan dalam surat al-Alaq ayat 1-5, surat al-Ghasiyah ayat 17-20, surat Ali Imran ayat 190-191, surat at-Taubah ayat 122, Surat al-ankabut 19-20 dengan pengembangan profesi keguruan.

IV. Materi Ajar

1.                Surat al-Alaq 1-4
2.                Surat al-Ghosiyah 17-20
3.                Surat Taubah 122
4.                Surat al-Ankabut 19-20
5.                Surat Ali Imran ayat 190-191

V. Metode/Strategi Pembelajaran

1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Tugas rumah

VI. Tahap Pembelajaran

1.  Kegiatan awal:
a. Dosen memberikan kerangka materi yang di bahas serta ruang lingkup pembahasan.
2.  Kegiatan Inti
a.      Dosen mempersilahkan para mahasiswa yang bertugas untuk tampil kedepan mempresentasikan makalahnya yang ditentukan sebelumnya
b.      Mahasiswa mempresentasikan makalahnya dan yang lain mendengarkan dan memperhatikan.
c.       Para mahasiswa menanggapi  dengan mengajukan berbagai pertanyaan
d.      Pemakalah menjawab berbagai pertanyaan dari teman-temanya
e.       Dosen membantu pemakalah bila kesulitan menjawab pertanyaan tersebut.
f.        Dosen membantu mahasiswa membangun peta konsep materi yang di sajikan
g.      Dosen membantu menganalisis ayat-ayat yang di sajikan dengan profesi keguruan pendidikan agama islam
3.  Kegiatan akhir
a.      Bersama para mahasiswa, dosen membuat kesimpulan
b.      Dosen mengingatkan pemakalah pada pertemuan berikutnya dan temanya.

VII. Alat/Sumber Belajar:

1.      White Board.
2.       Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
3.      Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
4.      Hamka, Tafsir al-Azhar
5.      Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah
6.      Sayid Qutub, Tafsir Fizilalil qur’an
7.      Zamaksyari, Tafsir al-Kasyaf
VIII. Penilaian:
Teknik penilaian:
a. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
b. Porto Folio














RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN (RMP)
Nama Dosen                                     : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah                           : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                            : PAI- 24
Status Mata Kuliah                          : MKK
Jenjang Studi                                                 : S1
Semester/Tahun Akademik             : V/2014/2015
Jurusan                                               : PAI
Perguruan Tinggi                              : STAIMUS
Jumlah SKS                                       : 2 SKS
Pertemuan                                         : 3
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar ayat, serta memahami nilai-nilai  ayat-ayat pendidikan sebagai insiprasi pengembangan Profesi Keguruan Agama Islam, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar, serta  memahami nilai-nilai pendidikan dalam  ayat-ayat tentang tujuan pendidikan dan analisis ayat-ayat tersebut dengan tema-tema kependidikan.
III. Indikator:
1.      Mahasiswa dapat menerjemahkan surat Ali Imran ayat 138-139, surat al-Dzariyah ayat 56,  surat Hud ayat 61, surat al-Fath ayat 29, al-Hajj ayat 41.
2.      Mahasiswa dapat menafsirkan surat Ali Imran ayat 138-139, surat al-Dzariyah ayat 56,  surat Hud ayat 61, surat al-Fath ayat 29, al-Hajj ayat 41.
3.      Mahasiswa dapat menjelaskan surat Ali Imran ayat 138-139, surat al-Dzariyah ayat 56,  surat Hud ayat 61, surat al-Fath ayat 29,  al-Hajj ayat 41.
4.      Mahasiswa dapat menjelaskan nilai pendidikan dalam menjelaskan surat Ali Imran ayat 138-139, surat al-Dzariyah ayat 56,  surat Hud ayat 61, surat al-Fath ayat 29,  al-Hajj ayat 41.
5.      Mahasiswa dapat menganalisis  nilai-nilai pendidikan dalam surat Ali Imran ayat 138-139, surat al-Dzariyah ayat 56,  surat Hud ayat 61, surat al-Fath ayat 29,  al-Hajj ayat 41.

IV. Materi Ajar

1.      surat Ali Imran ayat 138-139,
2.      surat al-Dzariyah ayat 56,
3.      surat Hud ayat 61,
4.      surat al-Fath ayat 29,
5.      Surat  al-Hajj ayat 41.

V. Metode/Strategi Pembelajaran

1. Diskusi
2. Ceramah
3. Tugas rumah

VI. Tahap Pembelajaran

1. Kegiatan awal:
a. Dosen memberikan kerangka materi yang di bahas serta ruang lingkup pembahasan.
2.  Kegiatan Inti
b.      Dosen mempersilahkan para mahasiswa yang bertugas untuk tampil kedepan mempresentasikan makalahnya yang ditentukan sebelumnya
a.      Mahasiswa mempresentasikan makalahnya dan yang lain mendengarkan dan memperhatikan.
b.      Para mahasiswa menanggapi  dengan mengajukan berbagai pertanyaan
c.       Pemakalah menjawab berbagai pertanyaan dari teman-temanya
d.      Dosen membantu pemakalah bila kesulitan menjawab pertanyaan tersebut
e.       Dosen membantu mahasiswa membangun peta konsep materi yang di sajikan
f.        Dosen membantu menganalisis ayat-ayat yang di sajikan dengan profesi keguruan pendidikan agama islam
3.  Kegiatan akhir
c.       Bersama para mahasiswa, dosen membuat kesimpulan
d.      Dosen mengingatkan pemakalah pada pertemuan berikutnya dan temanya.

VII. Alat/Sumber Belajar:


1.      White Board.
2.       Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
3.      Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
4.      Hamka, Tafsir al-Azhar
5.      Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah
6.      Sayid Qutub, Tafsir Fizilalil qur’an
7.      Zamaksyari, Tafsir al-Kasyaf
VIII. Penilaian:
Teknik penilaian:
a. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dinilai dosen
b. Porto Folio


















RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN (RMP)

Nama Dosen                                     : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah                           : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                            : PAI- 24
Status Mata Kuliah                          : MKK
Jenjang Studi                                                 : S1
Semester/Tahun Akademik             : V/2014/2015
Jurusan                                               : PAI
Perguruan Tinggi                              : STAIMUS
Jumlah SKS                                       : 2 SKS
Pertemuan                                         : 4
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar ayat, serta memahami nilai-nilai  ayat-ayat pendidikan sebagai insiprasi pengembangan Profesi Keguruan Agama Islam, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar, serta  memahami nilai-nilai pendidikan dalam  ayat-ayat tentang ayat Allah sebagai materi pendidikan  dan analisis ayat-ayat tersebut dengan tema-tema kependidikan.
III. Indikator:
1.      Mahasiswa dapat menerjemahkan surat al-A’araf ayat 54, 204, surat al-fath ayat 2, surat shod ayat 29, surat al-baqoroh ayat 29 dan surat al-mulk ayat 1-4.
2.      Mahasiswa dapat menafsirkan surat al-A’araf ayat 54, 204, surat al-fath ayat 2, surat shod ayat 29, surat al-baqoroh ayat 29 dan surat al-mulk ayat 1-4.
3.      Mahasiswa dapat menjelaskan surat Ma al-A’araf ayat 54, 204, surat al-fath ayat 2, surat shod ayat 29, surat al-baqoroh ayat 29 dan surat al-mulk ayat 1-4.
4.      hasiswa dapat menjelaskan nilai pendidikan dalam menjelaskan surat al-A’araf ayat 54, 204, surat al-fath ayat 2, surat shod ayat 29, surat al-baqoroh ayat 29 dan surat al-mulk ayat 1-4.
5.      Mahasiswa dapat menganalisis  nilai-nilai pendidikan dalam surat al-A’araf ayat 54, 204, surat al-fath ayat 2, surat shod ayat 29, surat al-baqoroh ayat 29 dan surat al-mulk ayat 1-4.

IV. Materi Ajar

1.      al-A’araf ayat 54, 204,
2.      surat al-fath ayat 2,
3.      surat shod ayat 29,
4.      surat al-baqoroh ayat 29 dan
5.      surat al-mulk ayat 1-4.

V. Metode/Strategi Pembelajaran

1. Diskusi
2. Ceramah
3. Tugas rumah

VI. Tahap Pembelajaran

1. Kegiatan awal:
a. Dosen memberikan kerangka materi yang di bahas serta ruang lingkup pembahasan.
2.  Kegiatan Inti
c.       Dosen mempersilahkan para mahasiswa yang bertugas untuk tampil kedepan mempresentasikan makalahnya yang ditentukan sebelumnya
a.      Mahasiswa mempresentasikan makalahnya dan yang lain mendengarkan dan memperhatikan.
b.      Para mahasiswa menanggapi  dengan mengajukan berbagai pertanyaan
c.       Pemakalah menjawab berbagai pertanyaan dari teman-temanya
d.      Dosen membantu pemakalah bila kesulitan menjawab pertanyaan tersebut
e.       Dosen membantu mahasiswa membangun peta konsep materi yang di sajikan
f.        Dosen membantu menganalisis ayat-ayat yang di sajikan dengan profesi keguruan pendidikan agama islam
3.  Kegiatan akhir
e.       Bersama para mahasiswa, dosen membuat kesimpulan
f.        Dosen mengingatkan pemakalah pada pertemuan berikutnya dan temanya.

VII. Alat/Sumber Belajar:

1.      White Board.
2.       Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
3.      Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
4.      Hamka, Tafsir al-Azhar
5.      Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah
6.      Sayid Qutub, Tafsir Fizilalil qur’an
7.      Zamaksyari, Tafsir al-Kasyaf
VIII. Penilaian:
Teknik penilaian:
a. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dinilai dosen
b. Porto Folio















RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN (RMP)

Nama Dosen                                     : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah                           : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                            : PAI- 24
Status Mata Kuliah                          : MKK
Jenjang Studi                                     : S1
Semester/Tahun Akademik             : V/2014/2015
Jurusan                                               : PAI
Perguruan Tinggi                              : STAIMUS
Jumlah SKS                                       : 2 SKS
Pertemuan                                         : 5
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar ayat, serta memahami nilai-nilai  ayat-ayat pendidikan sebagai insiprasi pengembangan Profesi Keguruan Agama Islam, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa dapat membaca, menerjemahkan, mengetahui pesan dasar, serta  memahami nilai-nilai pendidikan dalam  ayat-ayat tentang subyek pendidikan  dan analisis ayat-ayat tersebut dengan tema-tema kependidikan.
III. Indikator:
1.   Dapat menerjemahkan surat al-A’araf 54. 204, surat Al-Fath 2, Surat Shod ayat 29, surat al-Baqoroh ayat 29 dan al-mulk ayat 1-4. 
2.   Dapat menafsirkan surat surat al-A’araf 54. 204, surat Al-Fath 2, Surat Shod ayat 29, surat al-Baqoroh ayat 29 dan al-mulk ayat 1-4.
3.   Dapat menjelaskan surat surat al-A’araf 54. 204, surat Al-Fath 2, Surat Shod ayat 29, surat al-Baqoroh ayat 29 dan al-mulk ayat 1-4.
4.  Dapat menjelas nilai-nilai pendidikan dalam surat al-A’araf 54. 204, surat Al-Fath 2, Surat Shod ayat 29, surat al-Baqoroh ayat 29 dan al-mulk ayat 1-4.


Metode/Strategi Pembelajaran

1. Diskusi
2. Ceramah
3. Tugas rumah

VI. Tahap Pembelajaran

1.  Kegiatan awal:
a. Dosen mengadakan pre tes
2.  Kegiatan Inti
a. Dosen mempersilahkan para mahasiswa yang bertugas untuk tampil kedepan mempresentasikan makalahnya yang ditentukan sebelumnya
b. Mahasiswa mempresentasikan makalahnya dan yang lain mendengarkan dan memperhatikan.
c. Para mahasiswa menanggapi  dengan mengajukan berbagai pertanyaan
d. Pemakalah menjawab berbagai pertanyaan dari teman-temanya
e. Dosen membantu pemakalah bila kesulitan menjawab pertanyaan tersebut
3.  Kegiatan akhir
a.  Bersama para mahasiswa, dosen membuat kesimpulan
b. Dosen mengingatkan pemakalah pada pertemuan berikutnya dan temanya.

VII. Alat/Sumber Belajar:

1.  White Board.
2. Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
3. Aly As-Shobuni, Sofwatut Tafsir.
4. Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
5. Hamka, Tafsir al-Azhar
       6. Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah
VIII. Penilaian:
Teknik penilaian:
a. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dinilai dosen
b. Porto Folio









RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN (RMP)
Nama Dosen                         : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah               : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                : PAI- 24
Status Mata Kuliah              : MKK
Jenjang Studi                                     : S1
Semester/Tahun Akademik : V/2014/2015
Jurusan                                   :
Fakultas                                 : Agama Islam
Perguruan Tinggi                  : STAIMUS
Jumlah SKS                           : 2 SKS
Pertemuan                             : 5
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat memahami nilai-nilai ayat-ayat pendidikan, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar:
Memahami ayat-ayat tentang subyek pendidikan dan hubungan antar ayat-ayat tersebut.
III. Indikator:
1.   Dapat menerjemahkan surat al-Rahman ayat 1- 4, surat al-Najm ayat 5-6, al-Nahl ayat 43-44, surat al-Kahfi ayat 16
2.   Dapat menafsirkan surat al-Rahman ayat 1- 4, surat al-Najm ayat 5-6, al-Nahl ayat 43-44, surat al-Kahfi ayat 16
3.   Dapat menjelaskan surat al-Rahman ayat 1- 4, surat al-Najm ayat 5-6, al-Nahl ayat 43-44, surat al-Kahfi ayat 16

IV. Materi Ajar

1. Surat al-Rahman ayat 1-4
2. Surat al-Najm ayat 5-6
3. Surat al-Nahl ayat 43-44
      4. Surat al-Kahfi ayat 16

V. Metode/Strategi Pembelajaran

1. Diskusi
2. Ceramah
3. Tugas rumah

VI. Tahap Pembelajaran

1.  Kegiatan awal:
a. Dosen mengadakan pre tes
2.  Kegiatan Inti
a. Dosen mempersilahkan para mahasiswa yang bertugas untuk tampil kedepan mempresentasikan makalahnya yang ditentukan sebelumnya
b. Mahasiswa mempresentasikan makalahnya dan yang lain mendengarkan dan memperhatikan.
c. Para mahasiswa menanggapi  dengan mengajukan berbagai pertanyaan
d. Pemakalah menjawab berbagai pertanyaan dari teman-temanya
e. Dosen membantu pemakalah bila kesulitan menjawab pertanyaan tersebut
3.  Kegiatan akhir
a.  Bersama para mahasiswa, dosen membuat kesimpulan
b. Dosen mengingatkan pemakalah pada pertemuan berikutnya dan temanya.

VII. Alat/Sumber Belajar:

1.  White Board.
2. Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
3. Aly As-Shobuni, Sofwatut Tafsir.
4. Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
5. Hamka, Tafsir al-Azhar
       6. Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah
VIII. Penilaian:
Teknik penilaian:
a. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dinilai dosen
b. Porto Folio

RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN (RMP)
Nama Dosen                         : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah               : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                : PAI- 24
Status Mata Kuliah              : MKK
Jenjang Studi                                     : S1
Semester/Tahun Akademik : V/2014/2015
Jurusan                                   :
Fakultas                                 : Agama Islam
Perguruan Tinggi                  : STAIMUS
Jumlah SKS                           : 2 SKS
Pertemuan                             : 6
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat memahami ayat-ayat pendidikan, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

II. Kompetensi Dasar:
Memahami ayat-ayat tentang obyek pendidikan dan hubungan antar ayat-ayat tersebut.

III. Indikator:
1.   Dapat menerjemahkan surat al-Tahrim ayat 6,  surat al-Syuara ayat 214, surat al-Taubah ayat 122,  surat al-Nisa’ ayat 170
2.   Dapat menafsirkan surat al-Tahrim ayat 6,  surat al-Syuara ayat 214, surat al-Taubah ayat 122,  surat al-Nisa’ ayat 170
3.   Dapat menjelaskan surat al-Tahrim ayat 6,  surat al-Syuara ayat 214, surat al-Taubah ayat 122,  surat al-Nisa’ ayat 170

IV. Materi Ajar

1. Surat al-Tahrim ayat 6
2. Surat al-Syuara ayat 214
3. Surat al-Taubah ayat 122
      4. Surat al-Nisa’ ayat 170

V. Metode/Strategi Pembelajaran

1. Diskusi
2. Ceramah
3. Tugas rumah

VI. Tahap Pembelajaran

1.  Kegiatan awal:
a. Dosen mengadakan pre tes
2.  Kegiatan Inti
a. Dosen mempersilahkan para mahasiswa yang bertugas untuk tampil kedepan mempresentasikan makalahnya yang ditentukan sebelumnya
b. Mahasiswa mempresentasikan makalahnya dan yang lain mendengarkan dan memperhatikan.
c. Para mahasiswa menanggapi  dengan mengajukan berbagai pertanyaan
d. Pemakalah menjawab berbagai pertanyaan dari teman-temanya
e. Dosen membantu pemakalah bila kesulitan menjawab pertanyaan tersebut
3.  Kegiatan akhir
a.  Bersama para mahasiswa, dosen membuat kesimpulan
b. Dosen mengingatkan pemakalah pada pertemuan berikutnya dan temanya.

VII. Alat/Sumber Belajar:

1.  White Board.
2. Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
3. Aly As-Shobuni, Sofwatut Tafsir.
4. Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
5. Hamka, Tafsir al-Azhar
       6. Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah

VIII. Penilaian:
Teknik penilaian:
a. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dinilai dosen
b. Porto Folio










RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN (RMP)
Nama Dosen                         : Sarbini, M.Ag.
Nama Mata Kuliah               : Tafsir Tarbawi
Kode Mata Kuliah                : PAI-24
Status Mata Kuliah              : MKK
Jenjang Studi                                     : S1
Semester/Tahun Akademik : V/2014-2015
Jurusan                                   :
Fakultas                                 : Agama Islam
Perguruan Tinggi                  : STAIMUS
Persyaratan Minimum         :
Jumlah SKS                           : 2 SKS
Pertemuan                             : 14

I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa dapat memahami ayat-ayat pendidikan, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

II. Kompetensi Dasar:
Memahami ayat-ayat tentang metode pendidikan dan hubungan antar ayat-ayat tersebut.

III. Indikator:
1.   Dapat menerjemahkan surat al-Nahl ayat 125, surat al-A’raf ayat 176-177, surat Ibrahim ayat 24-25
2.   Dapat menafsirkan surat al-Nahl ayat 125, surat al-A’raf ayat 176-177, surat Ibrahim ayat 24-25
3.   Dapat menjelaskan surat al-Nahl ayat 125, surat al-A’raf ayat 176-177, surat Ibrahim ayat 24-25

IV. Materi Ajar

1. Surat al-Nahl ayat 125
2. Surat al-A’raf ayat 176-177
3. Surat Ibrahim ayat 24-25
     

V. Metode/Strategi Pembelajaran

1. Diskusi
2. Ceramah
3. Tugas rumah

VI. Tahap Pembelajaran

1.  Kegiatan awal:
a. Dosen mengadakan pre tes
2.  Kegiatan Inti
a. Dosen mempersilahkan para mahasiswa yang bertugas untuk tampil kedepan mempresentasikan makalahnya yang ditentukan sebelumnya
b. Mahasiswa mempresentasikan makalahnya dan yang lain mendengarkan dan memperhatikan.
c. Para mahasiswa menanggapi  dengan mengajukan berbagai pertanyaan
d. Pemakalah menjawab berbagai pertanyaan dari teman-temanya
e. Dosen membantu pemakalah bila kesulitan menjawab pertanyaan tersebut
3.  Kegiatan akhir
a.  Bersama para mahasiswa, dosen membuat kesimpulan
b. Dosen mengingatkan pemakalah pada pertemuan berikutnya dan temanya.

VII. Alat/Sumber Belajar:

1.  White Board.
2. Ahmad Mustofa  al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
3. Aly As-Shobuni, Sofwatut Tafsir.
4. Ibn Katsir, Tafsir ibn Katsir
5. Hamka, Tafsir al-Azhar
       6. Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah

VIII. Penilaian:
Teknik penilaian:
a. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dinilai dosen
b. Porto Folio

       2. Kriteria Penilaian                          
                        2xUM + 3xUA + 2 x PT + 1xPS
               Nf =                                        
                                              8
                
               Keterangan:
Nf     = Nilai Formatif
UM   = Ujian Mid
UA               = Ujian akhir
PT     = Porto folio
PS     = Proses