SILABI
Mata Kuliah : Hadis
Pendidikan/Tarbawi
Kode : PAI-23
Jurusan : Tarbiyah
Pragram Studi : Pendidikan Agama Islam
Program : S1
Bobot : 2 Sks
I.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami hadis tentang
kewajiban menuntut ilmu, pendidikan dan pengajaran, dorongan mengajarkan
al-quran, kesehatan, amar ma’ruf nahi mungkar, pelestarian lingkungan serta
kepedulian sosial.
II.
Indicator Kompetensi
Mahasiswa diharapkan dapat
membaca, menerjemahkan, memahami dan menganalisis tentang hadis-hadis berikut ini:
1. Hadis tentang anjuran menuntut Ilmu
2. Hadis tentang dorongan mengajarkan al-Qur’an.
3. Hadis tentang pendidikan dan pengajaran anak
4. Hadis tentang Kesehatan
5. Hadis tentang dorongan mencari rizki yang
halal.
6. Hadis tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
7. Hadis tentang pelestarian lingkungan
8. Hadis tentang kepedulian sosial.
III.
Topic Inti
1.
Hadis tentang anjuran menuntut Ilmu ( RS.1375,
1378, 1380, 1389)
2.
Hadis
tentang dorongan mengajarkan al-Qur’an serta dorongan dan tanggungjawab
menuntut pengetahuan
a. Dua macam hasad yang diperkenankan (AN. 76)
b. Perbandingan antara yang membaca al-Qur’an
dengan yang tidak membacaa al-Qur’an.
c. Sikap yang baik dan buruk dalam menuntut
pengetahuan (LM. 1405)
3.
Hadis
tentang pendidikan dan pengajaran anak.
a. Pengajaran yang menghindakarkan kebosanan (LM.1796)
b. Cobaan tentang anak (LM. 1688)
c. Anak lahir atas dasar fitrah (LM.1762)
d. Hal yang baik dilakukan ketika anak lahir
(LM. 1387, 1388)
4.
Hadis
tentang Kesehatan.
a. Mukmin yang kuat lebih baik dari mukmin yang
lemah (AN.88)
b. Lima macam fitrah manusia (LM.145)
c. Perintah sikat gigi (LM.142)
d. Tatkala terjadi Wabah (RS. 1789, LM.1433).
5.
Hadis
tentang dorongan mencari rizki yang halal.
a. Orang yang member lebih baik dari
meminta-minta (LM. 612,613)
b. Mencari dan menjual kayu bakar lebih baik
dari meminta-minta (LM.618)
c. Larangan hidup Individualistik (RS.1857).
6.
Hadis
tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
a. Penegak kebenaran selalu muncul (LM.1249)
b. Perintah mencegah kemungkaran (AN.184)
c. Siksaan bagi yang tidak mencegahpenganiayaan
(RS.197)
d. Menyuruh orang beramar maruf, tetapi tidak
melaksanakan sendiri (LM. 1882, RS. 198)
7.
Hadis
tentang pelestarian lingkungan
a. Larangan menelantarkan lahan ( Lm. 992, 994)
b. Pohon yang ditanam yang dimakan pihak lain
adalah sedekah (LM. 10010)
8.
Hadis
tentang kepedulian sosial.
a. Membuang duri dari jalanan ( LM. 1682 )
b. Melapangkan orang lain (AN. 23)
c. Masuk neraka karena menganiaya kucing (LM.
1683)
d. Memberi minum anjing yang kehausan (LM. 1447,
1488)
IV.
Referensi
1.
Muhammad Fu’ad ‘Abdul Baqi, Al-Lu’Lu’ Wal Marjan
2.
An-Nawawi, Riyadush Shalihin
3.
‘Abdul ‘Aziz Al-Khull, Al-Adabun Nabawi
4.
Ibnu Hajar al ‘Asqalani, Fathul Bari
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi : S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Tarbiyah
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke : 1 dan 2
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan hadits tentang kewajiban menuntut
ilmu, mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, pengajaran dan pendidikan anak,
pentingnya kesehatan, mencari rizqi yang halal, amar ma’ruf nahi mungkar,
pelestarian lingkungan dan kepedulian social
dalam kaitannya dengan profesi guru sebagai pendidik.
II.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa
membaca, menerjemahkan, memahami isi
hadits tentang anjuran menuntut ilmu
III.
Indikator :
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan hadits tentang
anjuran menuntut ilmu
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan pesan-pesan dasar
hadits yang di bahas
IV.
Materi Ajar :
Hadist
anjuran menuntut ilmu ( RS. 1375, 1378,
1380, 1389 )
V.
Metode / Strategi Pembelajaran :
1.
Pembacaan materi ajar oleh mahasiswa dibantu dosen.
2.
Ceramah interaktif dan diskusi
VI.
Tahap Pembelajaran :
I.
Kegiatan Awal
a.
Dosen membuka perkuliahan dengan mengajak mahasiswa
berdo’a bersama.
b.
Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic
bahasan dan komppetensi dasar yang akan dimilikinya setelah proses
pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a.
Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca matan
hadits dan menterjemahkannya.
b.
Dosen mengulang membaca
matan hadits dan menterjemahkannya.
c.
Dosen dan mahasiswa membahas bersama matan hadits
dengan dikaitkan dengan kehidupan masa
sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.
Setelah pembahasan selesai dosen memberikan ulasan terhadap
pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III.
Kegiatan Akhir
a.
Dosen memberikan klarifikasi dan mahasiswa
menyimpulkannya
b.
Dosen menutup mata kuliah.
VII.
Alat dan Sumber Bahan :
1.
Teks Hadits
2.
Laptop dan LCD
3.
Kitab Hadits Riyadus Sholihin
4.
Kitab Fathul Barri
VIII.
Penilaian :
1.
Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2.
Kriteria Penilaian :
a.
Nilai Formatif :
70 %
b.
Keaktifan :
30 %
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi : S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Tarbiyah
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke : 3 dan 4
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan hadits tentang kewajiban menuntut
ilmu, mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, pengajaran dan pendidikan anak,
pentingnya kesehatan, mencari rizqi yang halal, amar ma’ruf nahi mungkar,
pelestarian lingkungan dan kepedulian social dalam kaitannya dengan profesi guru sebagai pendidik.
II.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa
Memahami hadits tentang dorongan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an serta
tanggungjawab mengembangkan pengetahuan.
III. Indikator :
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan matan hadits tentang macam-macam
hasad yang di perkenankan.
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan hadits tentang perbandingan antara orang yang membaca
Al-Qur’an dengan yang tidak membaca al-Qur’an
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan sikap yang baik dan yang
buruk dalam menuntut ilmu pengetahuan.
IV. Materi Ajar :
1.
Hadist tentang macam-macam hasad yang di perkenankan.
(AN.76)
2.
Hadits tentang
perbandingan antara orang yang membaca Al-Qur’an dengan yang tidak membaca
al-Qur’an (AN 76)
3.
Hadist sikap
yang baik dan buruk dalam menuntut ilmu pengetahuan
V. Metode /
Strategi Pembelajaran :
a. Pembacaan
teks dan menerjemahkannya.
b. The
power of Two Strategi
VI. Tahap
Pembelajaran :
I.
Kegiatan Awal
a.
Pembukaan dengan salam oleh dosen.
b.
Penjelasan kompetensi dasar yang akan dimiliki
mahasiswa setelah menggikuti pembelajaran oleh dosen.
II. Kegiatan inti
a.
Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca teks
hadits dan menterjemahkannya.
b.
Dosen mengulang membaca
teks hadits dan menterjemahkannya.
c.
Dosen memita mahasiswa untuk menerangkan dan
mengkaitkan isi matan hadits dengan kejadian yang ada dilingkungan pendidikan
secara individu dan diteruskan mendiskusikannya dengan teman disampingnya.
d.
Dosen meminta mahasiswa untuk mengutarakan hasil
diskusinya dan dibahas bersama dalam diskusi kelas.
III.
Kegiatan Akhir
a.
Dosen memberikan klarifikasi atas hal-hal yang belum
dibahas
b.
Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
bertanya.
c.
Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan
Sumber Bahan :
1.
Teks matan Hadits
2.
Laptop dan LCD
3.
Hadits An-Nabawiy
4.
Riyadus Shalihin
VIII. Penilaian :
1.
Tehnik penilaian
a.
Tes essay
b. c. Keaktifan
dikelas
2. Kriteria
Penilaian :
c.
Tes formatif :
50 %
d.
Tugas :
20 %
e.
Keaktifan :
30 %
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi : S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke : 5 dan 6
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu
mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan dengan Pendidikan
dan Pengajaran dalam kaitannya dengan
profesi guru pendidik.
III.
Kompetensi Dasar : tentang pendidikan dan pengajaran anak
III. Indikator :
1. Menjelaskan
matan hadits tentang pendidikan dan
pengajaran anak
2. Menerapkan isi
hadits tentang pendidikan dan pengajaran anak
sehari-hari.
IV. Materi Ajar :
a. Pengajaran yang menghindakarkan kebosanan
b. Cobaan tentang anak
c. Anak lahir atas dasar fitrah.
V. Metode /
Strategi Pembelajaran :
·
Group discousion
VI. Tahap
Pembelajaran :
I.
Kegiatan Awal
a.
Dosen membuka kuliah dengan salam.
b.
Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi
dasar yang akan dimilikinya setelah mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a.
Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan
teks hadits
b.
Dosen mengulang membaca
teks hadits dan menterjemahkannya.
c.
Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompok untuk mendiskusikan
isi matan hadits.
d.
Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
e.
Diskusi kelas dengan difasilitasi dosen.
f.
Dosen memberikan ulasan terhadap bahasan yang belum
tuntas.
III.
Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan
klarifikasi.
b. Dosen menutup perkuliahan
dengan salam.
VII. Alat dan Sumber
Bahan :
1. Teks matan
Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Bulughul Mahrom
b.
Al-Luk luk wal marjan
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan
Instrumen penilaian
a.
Tes essay
b.
Keaktifan dikelas
2. Kriteria
Penilaian :
f.
Tes formatif :
70 %
g.
Keaktifan :
30 %
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi : S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke :
7 dan 8
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu
mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan kesehatan dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
IV.
Kompetensi Dasar : Memahami Pentingnya kesehatan
III. Indikator :
1. Menjelaskan
matan hadits tentang Kesehatan
2. Menjelaskan
matan hadits tentang pentingnya kesehatan.
IV. Materi Ajar :
a. Mukmin yang kuat lebih baik dari mukmin yang
lemah (AN.88)
b. Lima macam fitrah manusia (LM.145)
c. Perintah sikat gigi (LM.142)
d. Tatkala terjadi Wabah (RS. 1789, LM.1433).
V. Metode /
Strategi Pembelajaran :
·
Group discousion
VI. Tahap
Pembelajaran :
I.
Kegiatan Awal
a. Dosen membuka
kuliah dengan salam.
b. Dosen
menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi dasar
yang akan dimilikinya setelah mengikuti
perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta
kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan
teks hadits
b. Dosen
mengulang membaca teks hadits dan
menterjemahkannya.
c.
Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompok untuk
mendiskusikan isi matan hadits.
d.
Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
e.
Diskusi kelas dengan difasilitasi dosen.
f.
Dosen memberikan ulasan terhadap bahasan yang belum
tuntas.
III.
Kegiatan Akhir
a. Dosen
memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup
perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan
Sumber Bahan :
1. Teks matan
Hadits
(AN.88)
(LM.145) (LM.142) (RS. 1789, LM.1433).
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen
penilaian
a.
Tes essay
b.
Keaktifan dikelas
2. Kriteria
Penilaian :
a. Tes formatif : 70 %
b.
Keaktifan : 30 %
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi : S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke : 9 dan 10
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu
mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan dengan tata
cara muamalat dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II. Kompetensi
Dasar : Mengerti hadits tentang dorongan
mencari rizki yang halal.
III. Indikator :
1. Menjelaskan
hadits mengenai dorongan dorongan
mencari rizki yang halal.
2. Menjelaskan
hadits tentang mencari rizki yang halal.
IV. Materi Ajar :
a. Orang yang member lebih baik dari
meminta-minta (LM. 612,613)
b. Mencari dan menjual kayu bakar lebih baik
dari meminta-minta (LM.618)
c. Larangan hidup Individualistik (RS.1857).
V. Metode /
Strategi Pembelajaran :
1. Pembacaan
materi ajar oleh mahasiswa dibantu
dosen.
2. Ceramah
interaktif dan diskusi
VI. Tahap
Pembelajaran :
I.
Kegiatan Awal
a. Dosen membuka
perkuliahan dengan mengajak mahasiswa
berdo’a bersama.
b. Dosen
menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic bahasan
dan komppetensi dasar yang akan dimilikinya
setelah proses
pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta
kepada mahasiswa untuk membaca matan
hadits dan menterjemahkannya.
b. Dosen
mengulang membaca matan hadits dan
menterjemahkannya.
c.
Dosen dan mahasiswa membahas bersama matas hadits
dengan dikaitkan dengan kehidupan masa
sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.
Setelah pembehasan selesai dosen memberikan ulasan
terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III.
Kegiatan Akhir
a. Dosen
memberikan klarifikasi dan mahasiswa menyimpulkannya
b. Dosen menutup
mata kuliah.
VII. Alat dan
Sumber Bahan :
1. Teks Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Al-Luk luk wal marjan
b. Riyadus Shalihin
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan
Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria
Penilaian :
a. Nilai
Formatif : 70 %
b.
Keaktifan : 30 %
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi :
S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke : 11 dan 12
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu
mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan tentang
amar ma’ruf nahi mungkar dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II. Kompetensi
Dasar : tentang amar ma’ruf nahi
mungkar
III. Indikator :
1. Menjelaskan
hadits Penegak kebenaran selalu muncul
2. Menjelaskan
hadits . Perintah mencegah kemungkaran
3. Menjelaskan Siksaan bagi yang tidak mencegahpenganiayaan
4. Menjelaskan Menyuruh orang beramar maruf,
tetapi tidak melaksanakan sendiri
IV. Materi Ajar :
a. Penegak kebenaran selalu muncul (LM.1249)
b. Perintah mencegah kemungkaran (AN.184)
c. Siksaan bagi yang tidak mencegahpenganiayaan
(RS.197)
d. Menyuruh orang beramar maruf, tetapi tidak
melaksanakan sendiri (LM. 1882, RS. 198)
V. Metode /
Strategi Pembelajaran :
1. Pembacaan
materi ajar oleh mahasiswa dibantu
dosen.
2. Ceramah
interaktif dan diskusi
VI. Tahap Pembelajaran
:
I.
Kegiatan Awal
a. Dosen membuka
perkuliahan dengan mengajak mahasiswa
berdo’a bersama.
b. Dosen
menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic bahasan
dan komppetensi dasar yang akan dimilikinya
setelah proses
pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta
kepada mahasiswa untuk membaca matan
hadits dan menterjemahkannya.
b. Dosen
mengulang membaca matan hadits dan
menterjemahkannya.
c.
Dosen dan mahasiswa membahas bersama matas hadits
dengan dikaitkan dengan kehidupan masa
sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.
Setelah pembehasan selesai dosen memberikan ulasan
terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III.
Kegiatan Akhir
a. Dosen
memberikan klarifikasi dan mahasiswa menyimpulkannya
b. Dosen menutup mata
kuliah.
VII. Alat dan
Sumber Bahan :
1. Teks Hadits
2. Laptop dan LCD
3. Al-Luk luk wal marjan
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan
Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria
Penilaian :
a. Nilai
Formatif : 70 %
b.
Keaktifan : 30 %
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi : S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke : 13 dan 14
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu
mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan tentang pelestarian lingkungan dalam
kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II.
Kompetensi Dasar :
Memahami hadits
perihal tentang pelestarian lingkungan
III. Indikator :
1. Menjelaskan hadits tentang Larangan menelantarkan lahan
2.
Menjelaskan Pohon
yang ditanam yang dimakan pihak lain adalah sedekah
IV. Materi Ajar :
a. Larangan menelantarkan lahan ( Lm. 992, 994)
b. Pohon yang ditanam yang dimakan pihak lain
adalah sedekah (LM. 1001)
V. Metode /
Strategi Pembelajaran :
a. Pembacaan teks
dan menerjemahkannya.
b. The power of
Two Strategi
VI. Tahap
Pembelajaran :
I.
Kegiatan Awal
a. Pembukaan
dengan salam oleh dosen.
b. Penjelasan
kompetensi dasar yang akan dimiliki mahasiswa setelah menggikuti pembelajaran
oleh dosen.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta
kepada mahasiswa untuk membaca teks hadits
dan menterjemahkannya.
b. Dosen
mengulang membaca teks hadits dan
menterjemahkannya.
c. Dosen memita
mahasiswa untuk menerangkan dan mengkaitkan
isi matan hadits dengan kejadian yang ada
dilingkungan
pendidikan secara individu dan diteruskan
mendiskusikannya
dengan teman disampingnya.
d. Dosen meminta
mahasiswa untuk mengutarakan hasil diskusinya
dan dibahas bersama dalam diskusi kelas.
III.
Kegiatan Akhir
a. Dosen
memberikan klarifikasi atas hal-hal yang belum dibahas
b. Dosen
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
bertanya.
c. Dosen menutup
mata kuliah.
VII. Alat dan
Sumber Bahan :
1. Teks matan
Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Al-Luk
luk wal marjan
b. Riyadus
Shalihin
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan
Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria Penilaian
:
a. Nilai
Formatif : 70 %
b.
Keaktifan : 30 %
Rencana
Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama
Dosen : Sarbini,
M.Ag
Nama
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi
Bobot
SKS : 2 SKS
Jenis
Kompetensi :
Jenjang
Studi : S1
Semester
/ Th Akademik : Ganjil / 2014 –
2015
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan
Tinggi : STAIMUS
Pertemuan
ke : 15 dan 16
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu
mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad SAW berkenaan dengan tata
cara muamalat dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II. Kompetensi
Dasar : Mengkaji hadits tentang kepedulian social.
III. Indikator :
1. Menjelaskan
hal-hal yang termasuk kepedulian social dan balasannya
dari Allah.
2. Melaksanakan
aksi kepedulian social.
IV. Materi Ajar :
·
Hal-hal yang termasuk kepedulian social.
V. Metode /
Strategi Pembelajaran : Group discousion
VI. Tahap
Pembelajaran :
I.
Kegiatan Awal
a. Dosen membuka
kuliah dengan salam.
b. Dosen
menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi
dasar yang akan dimilikinya setelah
mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta
kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan
teks hadits
b. Dosen
mengulang membaca teks hadits dan
menterjemahkannya.
c. Dosen membagi
mahasiswa menjadi 4 kelompok untuk
mendiskusikan isi matan hadits.
d. Mahasiswa
mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
e. Diskusi kelas
dengan difasilitasi dosen.
f. Dosen
memberikan ulasan terhadap bahasan yang belum tuntas.
III.
Kegiatan Akhir
a. Dosen
memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup
perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan
Sumber Bahan :
1. Teks matan
Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Al-Luk luk wal marjan no : 1682, 1683, 1447, 1448
b.
Abdul ‘Azis Al-Khulli ( Adabun Nabi no: 123 )
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan
Instrumen penilaian
a.
Tes essay
b.
Keaktifan dikelas
2. Kriteria
Penilaian :
a. Tes formatif : 70 %
b.
Keaktifan : 30 %
Tidak ada komentar:
Posting Komentar