SILABI
Mata Kuliah :
Hadis Pendidikan/Tarbawi
Kode :
PAI-23
Jurusan :
Tarbiyah
Pragram Studi :
Pendidikan Agama Islam
Program :
S1
Bobot :
2 Sks
I.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami
hadis tentang kewajiban menuntut ilmu, pendidikan dan pengajaran, dorongan
mengajarkan al-quran, kesehatan, amar ma’ruf nahi mungkar, pelestarian
lingkungan serta kepedulian sosial.
II.
Indicator Kompetensi
Mahasiswa diharapkan
dapat membaca, menerjemahkan, memahami dan menganalisis tentang hadis-hadis
berikut ini:
1. Hadis tentang anjuran menuntut
Ilmu
2. Hadis tentang dorongan mengajarkan
al-Qur’an.
3. Hadis tentang pendidikan dan
pengajaran anak
4. Hadis tentang Kesehatan
5. Hadis tentang dorongan mencari
rizki yang halal.
6. Hadis tentang amar ma’ruf nahi
mungkar.
7. Hadis tentang pelestarian
lingkungan
8. Hadis tentang kepedulian sosial.
III.
Topic Inti
1.
Hadis tentang anjuran menuntut
Ilmu ( RS.1375, 1378, 1380, 1389)
2.
Hadis tentang dorongan mengajarkan al-Qur’an serta dorongan dan
tanggungjawab menuntut pengetahuan
a. Dua macam hasad yang diperkenankan
(AN. 76)
b. Perbandingan antara yang membaca
al-Qur’an dengan yang tidak membacaa al-Qur’an.
c. Sikap yang baik dan buruk dalam
menuntut pengetahuan (LM. 1405)
3.
Hadis tentang pendidikan dan pengajaran anak.
a. Pengajaran yang menghindakarkan
kebosanan (LM.1796)
b. Cobaan tentang anak (LM. 1688)
c. Anak lahir atas dasar fitrah
(LM.1762)
d. Hal yang baik dilakukan ketika
anak lahir (LM. 1387, 1388)
4.
Hadis tentang Kesehatan.
a. Mukmin yang kuat lebih baik dari
mukmin yang lemah (AN.88)
b. Lima macam fitrah manusia (LM.145)
c. Perintah sikat gigi (LM.142)
d. Tatkala terjadi Wabah (RS. 1789,
LM.1433).
5.
Hadis tentang dorongan mencari rizki yang halal.
a. Orang yang member lebih baik dari
meminta-minta (LM. 612,613)
b. Mencari dan menjual kayu bakar
lebih baik dari meminta-minta (LM.618)
c. Larangan hidup Individualistik
(RS.1857).
6.
Hadis tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
a. Penegak kebenaran selalu muncul
(LM.1249)
b. Perintah mencegah kemungkaran
(AN.184)
c. Siksaan bagi yang tidak
mencegahpenganiayaan (RS.197)
d. Menyuruh orang beramar maruf,
tetapi tidak melaksanakan sendiri (LM. 1882, RS. 198)
7.
Hadis tentang pelestarian lingkungan
a. Larangan menelantarkan lahan ( Lm.
992, 994)
b. Pohon yang ditanam yang dimakan
pihak lain adalah sedekah (LM. 10010)
8.
Hadis tentang kepedulian sosial.
a. Membuang duri dari jalanan ( LM.
1682 )
b. Melapangkan orang lain (AN. 23)
c. Masuk neraka karena menganiaya
kucing (LM. 1683)
d. Memberi minum anjing yang kehausan
(LM. 1447, 1488)
IV.
Referensi
1.
Muhammad Fu’ad ‘Abdul
Baqi, Al-Lu’Lu’ Wal Marjan
2.
An-Nawawi, Riyadush
Shalihin
3.
‘Abdul ‘Aziz Al-Khull,
Al-Adabun Nabawi
4.
Ibnu Hajar al ‘Asqalani,
Fathul Bari
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas :
Tarbiyah
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 2
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan hadits tentang
kewajiban menuntut ilmu, mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, pengajaran dan
pendidikan anak, pentingnya kesehatan, mencari rizqi yang halal, amar ma’ruf
nahi mungkar, pelestarian lingkungan dan kepedulian social dalam kaitannya dengan profesi guru sebagai
pendidik.
II.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa membaca, menerjemahkan,
memahami isi hadits tentang anjuran menuntut ilmu
III.
Indikator :
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan
hadits tentang anjuran menuntut ilmu
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan
pesan-pesan dasar hadits yang di bahas
IV.
Materi Ajar :
Hadist anjuran menuntut ilmu ( RS. 1375, 1378, 1380, 1389 )
V.
Metode / Strategi Pembelajaran
:
1.
Pembacaan materi ajar oleh mahasiswa dibantu dosen.
2.
Ceramah interaktif dan diskusi
VI.
Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a.
Dosen membuka perkuliahan
dengan mengajak mahasiswa berdo’a bersama.
b.
Dosen menjelaskan kepada
mahasiswa tentang topic bahasan dan komppetensi dasar yang akan dimilikinya
setelah proses pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a.
Dosen meminta kepada mahasiswa
untuk membaca matan hadits dan menterjemahkannya.
b.
Dosen mengulang membaca matan hadits dan menterjemahkannya.
c.
Dosen dan mahasiswa membahas
bersama matan hadits dengan dikaitkan
dengan kehidupan masa sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.
Setelah pembahasan selesai
dosen memberikan ulasan terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a.
Dosen memberikan klarifikasi
dan mahasiswa menyimpulkannya
b.
Dosen menutup mata kuliah.
VII.
Alat dan Sumber Bahan :
1.
Teks Hadits
2.
Laptop dan LCD
3.
Kitab Hadits Riyadus Sholihin
4.
Kitab Fathul Barri
VIII.
Penilaian :
1.
Tehnik dan Instrumen penilaian
Essay Tes
2.
Kriteria Penilaian :
a.
Nilai Formatif : 70 %
b.
Keaktifan : 30 %
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas :
Tarbiyah
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 3
dan 4
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan hadits tentang
kewajiban menuntut ilmu, mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, pengajaran dan
pendidikan anak, pentingnya kesehatan, mencari rizqi yang halal, amar ma’ruf
nahi mungkar, pelestarian lingkungan dan kepedulian social dalam kaitannya dengan profesi guru sebagai pendidik.
II.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Memahami hadits tentang dorongan mempelajari dan
mengajarkan al-Qur’an serta tanggungjawab mengembangkan pengetahuan.
III. Indikator :
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan matan
hadits tentang macam-macam hasad yang di perkenankan.
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan hadits tentang perbandingan antara orang yang membaca
Al-Qur’an dengan yang tidak membaca al-Qur’an
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan sikap
yang baik dan yang buruk dalam menuntut ilmu pengetahuan.
IV. Materi Ajar :
1.
Hadist tentang macam-macam
hasad yang di perkenankan. (AN.76)
2.
Hadits tentang perbandingan antara orang yang
membaca Al-Qur’an dengan yang tidak membaca al-Qur’an (AN 76)
3.
Hadist sikap yang baik dan buruk dalam menuntut
ilmu pengetahuan
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
a.
Pembacaan teks dan
menerjemahkannya.
b.
The power of Two Strategi
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a.
Pembukaan dengan salam oleh
dosen.
b.
Penjelasan kompetensi dasar
yang akan dimiliki mahasiswa setelah menggikuti pembelajaran oleh dosen.
II. Kegiatan inti
a.
Dosen meminta kepada mahasiswa
untuk membaca teks hadits dan menterjemahkannya.
b.
Dosen mengulang membaca teks hadits dan menterjemahkannya.
c.
Dosen memita mahasiswa untuk
menerangkan dan mengkaitkan isi matan hadits dengan kejadian yang ada
dilingkungan pendidikan secara individu dan diteruskan mendiskusikannya dengan
teman disampingnya.
d.
Dosen meminta mahasiswa untuk
mengutarakan hasil diskusinya dan dibahas bersama dalam diskusi kelas.
III. Kegiatan Akhir
a.
Dosen memberikan klarifikasi atas
hal-hal yang belum dibahas
b.
Dosen memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk bertanya.
c.
Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1.
Teks matan Hadits
2.
Laptop dan LCD
3.
Hadits An-Nabawiy
4.
Riyadus Shalihin
VIII. Penilaian :
1.
Tehnik penilaian
a. Tes essay
b. c. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
c.
Tes formatif : 50 %
d.
Tugas : 20 %
e.
Keaktifan : 30 %
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 5
dan 6
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad
SAW berkenaan dengan Pendidikan dan Pengajaran dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
III.
Kompetensi Dasar : tentang pendidikan dan pengajaran anak
III. Indikator :
1. Menjelaskan matan hadits tentang
pendidikan dan pengajaran anak
2. Menerapkan isi hadits tentang pendidikan dan pengajaran anak
sehari-hari.
IV. Materi Ajar :
a. Pengajaran yang menghindakarkan
kebosanan
b. Cobaan tentang anak
c. Anak lahir atas dasar fitrah.
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
·
Group discousion
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a.
Dosen membuka kuliah dengan
salam.
b.
Dosen menjelaskan kepada
mahasiswa tentang kompetensi dasar yang akan dimilikinya setelah mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a.
Dosen meminta kepada mahasiswa
untuk membaca dan
menterjemahkan teks hadits
b.
Dosen mengulang membaca teks hadits dan menterjemahkannya.
c.
Dosen membagi mahasiswa menjadi
4 kelompok untuk mendiskusikan isi matan hadits.
d.
Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
e.
Diskusi kelas dengan
difasilitasi dosen.
f.
Dosen memberikan ulasan
terhadap bahasan yang belum tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Bulughul Mahrom
b. Al-Luk luk wal marjan
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian
a. Tes essay
b. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
f.
Tes formatif : 70 %
g.
Keaktifan : 30 %
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 7
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad
SAW berkenaan kesehatan dalam kaitannya
dengan profesi guru pendidik.
IV.
Kompetensi Dasar : Memahami Pentingnya
kesehatan
III. Indikator :
1. Menjelaskan matan hadits tentang Kesehatan
2. Menjelaskan matan hadits tentang pentingnya kesehatan.
IV. Materi Ajar :
a. Mukmin yang kuat lebih baik dari
mukmin yang lemah (AN.88)
b. Lima macam fitrah manusia (LM.145)
c. Perintah sikat gigi (LM.142)
d. Tatkala terjadi Wabah (RS. 1789,
LM.1433).
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
·
Group discousion
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka kuliah dengan salam.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi dasar
yang akan dimilikinya
setelah mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan teks hadits
b. Dosen mengulang membaca
teks hadits dan menterjemahkannya.
c.
Dosen membagi mahasiswa menjadi
4 kelompok untuk mendiskusikan isi matan hadits.
d.
Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
e.
Diskusi kelas dengan
difasilitasi dosen.
f.
Dosen memberikan ulasan
terhadap bahasan yang belum tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
(AN.88)
(LM.145) (LM.142) (RS. 1789, LM.1433).
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian
a. Tes essay
b. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
a. Tes formatif : 70 %
b. Keaktifan :
30 %
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 8
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad
SAW berkenaan dengan tata cara muamalat dalam kaitannya dengan profesi guru
pendidik.
II. Kompetensi Dasar : Mengerti hadits tentang dorongan mencari rizki yang halal.
III. Indikator :
1. Menjelaskan hadits mengenai dorongan dorongan mencari rizki yang halal.
2. Menjelaskan hadits tentang mencari rizki yang halal.
IV. Materi Ajar :
a. Orang yang member lebih baik dari
meminta-minta (LM. 612,613)
b. Mencari dan menjual kayu bakar
lebih baik dari meminta-minta (LM.618)
c. Larangan hidup Individualistik
(RS.1857).
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
1. Pembacaan materi ajar oleh
mahasiswa dibantu dosen.
2. Ceramah interaktif dan diskusi
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka perkuliahan dengan mengajak mahasiswa
berdo’a bersama.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic bahasan
dan komppetensi dasar yang
akan dimilikinya setelah proses
pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca matan
hadits dan
menterjemahkannya.
b. Dosen mengulang membaca
matan hadits dan
menterjemahkannya.
c.
Dosen dan mahasiswa membahas
bersama matas hadits dengan dikaitkan
dengan kehidupan masa sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.
Setelah pembehasan selesai
dosen memberikan ulasan terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi dan mahasiswa menyimpulkannya
b. Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Al-Luk luk wal
marjan
b. Riyadus Shalihin
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria Penilaian :
a. Nilai Formatif : 70 %
b. Keaktifan : 30 %
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 9
dan 10
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad
SAW berkenaan tentang amar ma’ruf nahi mungkar dalam kaitannya dengan profesi
guru pendidik.
II. Kompetensi Dasar : tentang
amar ma’ruf nahi mungkar
III. Indikator :
1. Menjelaskan hadits Penegak kebenaran selalu muncul
2. Menjelaskan hadits . Perintah
mencegah kemungkaran
3. Menjelaskan Siksaan bagi
yang tidak mencegahpenganiayaan
4. Menjelaskan Menyuruh orang
beramar maruf, tetapi tidak melaksanakan sendiri
IV. Materi Ajar :
a. Penegak kebenaran selalu muncul
(LM.1249)
b. Perintah mencegah kemungkaran
(AN.184)
c. Siksaan bagi yang tidak
mencegahpenganiayaan (RS.197)
d. Menyuruh orang beramar maruf,
tetapi tidak melaksanakan sendiri (LM. 1882, RS. 198)
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
1. Pembacaan materi ajar oleh
mahasiswa dibantu dosen.
2. Ceramah interaktif dan diskusi
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka perkuliahan dengan mengajak mahasiswa
berdo’a bersama.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang topic bahasan
dan komppetensi dasar yang
akan dimilikinya setelah proses
pembelajaran.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca matan
hadits dan
menterjemahkannya.
b. Dosen mengulang membaca
matan hadits dan
menterjemahkannya.
c.
Dosen dan mahasiswa membahas
bersama matas hadits dengan dikaitkan
dengan kehidupan masa sekarang khususnya dengan dunia pendidikan.
d.
Setelah pembehasan selesai
dosen memberikan ulasan terhadap pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi dan mahasiswa menyimpulkannya
b. Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks Hadits
2. Laptop dan LCD
3. Al-Luk luk wal marjan
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria Penilaian :
a. Nilai Formatif : 70 %
b. Keaktifan : 30 %
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 11
dan 12
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad
SAW berkenaan tentang pelestarian
lingkungan dalam kaitannya dengan profesi guru pendidik.
II.
Kompetensi Dasar :
Memahami hadits perihal tentang
pelestarian lingkungan
III. Indikator :
1. Menjelaskan hadits tentang
Larangan menelantarkan lahan
2.
Menjelaskan Pohon yang ditanam yang dimakan pihak lain
adalah sedekah
IV. Materi Ajar :
a. Larangan menelantarkan lahan ( Lm.
992, 994)
b. Pohon yang ditanam yang dimakan
pihak lain adalah sedekah (LM. 1001)
V. Metode / Strategi Pembelajaran :
a. Pembacaan teks dan menerjemahkannya.
b. The power of Two Strategi
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Pembukaan dengan salam oleh dosen.
b. Penjelasan kompetensi dasar yang akan dimiliki mahasiswa setelah
menggikuti pembelajaran oleh dosen.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca teks hadits
dan menterjemahkannya.
b. Dosen mengulang membaca
teks hadits dan menterjemahkannya.
c. Dosen memita mahasiswa untuk menerangkan dan mengkaitkan
isi matan hadits dengan
kejadian yang ada dilingkungan
pendidikan secara individu
dan diteruskan mendiskusikannya
dengan teman disampingnya.
d. Dosen meminta mahasiswa untuk mengutarakan hasil diskusinya
dan dibahas bersama dalam
diskusi kelas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi atas hal-hal yang belum dibahas
b. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
bertanya.
c. Dosen menutup mata kuliah.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Al-Luk luk wal marjan
b. Riyadus Shalihin
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian Essay Tes
2. Kriteria Penilaian :
a. Nilai Formatif : 70 %
b. Keaktifan : 30 %
Rencana Mutu Pembelajaran ( RMP )
Nama Dosen : Sarbini, M.Ag
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Bobot SKS : 2 SKS
Jenis Kompetensi :
Jenjang Studi : S1
Semester / Th Akademik : Ganjil / 2014 – 2015
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Agama Islam
Perguruan Tinggi : STAIMUS
Pertemuan ke : 13
dan 4
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengimplementasikan petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad
SAW berkenaan dengan tata cara muamalat dalam kaitannya dengan profesi guru
pendidik.
II. Kompetensi Dasar : Mengkaji hadits tentang kepedulian social.
III. Indikator :
1. Menjelaskan hal-hal yang termasuk kepedulian social dan
balasannya
dari Allah.
2. Melaksanakan aksi kepedulian social.
IV. Materi Ajar :
·
Hal-hal yang termasuk
kepedulian social.
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Group discousion
VI. Tahap Pembelajaran :
I. Kegiatan Awal
a. Dosen membuka kuliah dengan salam.
b. Dosen menjelaskan kepada mahasiswa tentang kompetensi
dasar yang akan
dimilikinya setelah mengikuti perkuliahan.
II. Kegiatan inti
a. Dosen meminta kepada mahasiswa untuk membaca dan
menterjemahkan teks hadits
b. Dosen mengulang membaca
teks hadits dan menterjemahkannya.
c. Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompok untuk
mendiskusikan isi matan
hadits.
d. Mahasiswa mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya.
e. Diskusi kelas dengan difasilitasi dosen.
f. Dosen memberikan ulasan terhadap bahasan yang belum tuntas.
III. Kegiatan Akhir
a. Dosen memberikan klarifikasi.
b. Dosen menutup perkuliahan dengan salam.
VII. Alat dan Sumber Bahan :
1. Teks matan Hadits
2. Laptop dan LCD
3. a. Al-Luk luk wal
marjan no : 1682, 1683, 1447, 1448
b. Abdul ‘Azis Al-Khulli ( Adabun Nabi no: 123 )
VIII. Penilaian :
1. Tehnik dan Instrumen penilaian
a. Tes essay
b. Keaktifan dikelas
2. Kriteria Penilaian :
a. Tes formatif : 70 %
b. Keaktifan :
30 %
Tidak ada komentar:
Posting Komentar